December 10, 2022

Mengenal HIU

Share to

Tahukah kalian apa itu ikan hiu, ciri fisik, sebaran wilayah, alat tangkap, serta pemanfaatnya ?

Ikan hiu adalah sekelompok ikan dengan kerangka tulang rawan yang legkap dan tubuh yang ramping, bernafas menggunakan lima liang insang (kadang-kadang enam atau tujuh sesuai dengan spesiesnya) di samping atau dimulai sedikit di belakang kepalanya.

Ciri fisik yang dimiliki hiu antara lain sisiknya berjenis placoid, sisik yang berasal dari tonjolan kulit, teksturnya seperti duri halus, bagian kulit terdapat kelenjar mucus berlendir, memiliki dua sirip di kedua sisi tubuh bagian depan.

Perlu diketahui banyak ikan hiu yang tersebar di wilayah Perairan Indonesia. Ikan hiu tersebar mulai dari Selat Malaka, Laut Jawa, Laut Flores, Laut Sulawesi, Laut Sunda sampai Laut Maluku dan Laut Arafura. (http://oseanografi.lipi.id). Sumber daya ikan hiu merupakan salah satu komoditi yang cukup diperbincangkan dikarenakan permintaan yang cukup tinggi di pasaran lokal maupun internasional.

Jumlah dan keragaman ikan hiu yang tinggi diperoleh nelayan menggunakan kapal dengan alat tangkap seperti rawai dasar, rawai hanyut, jaring insang tuna, dan rawai tuna. Produk ikan hiu terdiri dari daging, tulang rawan, kulit, gigi, rahang, jeroan / isi perut, hati, dan sirip. Berikut pemanfaatan ikan hiu antara lain:

  1. Daging hiu basah dapat diolah menjadi berbagai menu masakan.
  2. Daging hiu kering (ikan asin).
  3. Tulang rawan hiu digunakan sebagai bahan perekat, kosmetik, pupuk, bahan baku farmasi.
  4. Kulit ikan hiu digunakan untuk bahan baku kerupuk, selain itu juga bisa digunakan sebagai bahan baku industri kulit, seperti tas, dompet, sepatu.
  5. Gigi ikan hiu dapat diolah menjadi perhiasan (aksesoris).
  6. Usus dapat diolah menjadi bahan pembuat insulin dan menghasilkan enzim protease.
  7. Sirip dapat diolah menjadi sup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *